Jumat, 29 November 2013

Contoh-Contoh Pamflet - Leaflet - Poster - Banner - Spanduk - Baliho

Di era yang serba digital ini karya-karya desain grafis dari software-software seperti Photoshop, Corel Draw, dan sebagainya sering digunakan atau bahkan menjadi kebutuhan wajib apabila kita mengadakan sebuah event. untuk itu saya pribadi ingin share tentang contoh karya-karya saya dalam bidang tersebut.




CEKIDOT BEYBEH...

1. PAMFLET

Pamflet sendiri adalah sebuah lembaran yang memuat informasi-informasi yang akan disampaikan oleh si pembuat. Menurut pengalaman sih pamflet biasanya dicetak dengan print rumahan ke dalam ukuran kertas yang umum dipake seperti kertas A4 (21cm x 29,7cm) atau A3 (29,7cm x 42 cm) kemudian ditempel ke tempat-tempat yang bisa dilihat oleh umum. So, asalkan tidak mengganggu kepentingan  dan estetika tempat-tempat umum.








2. LEAFLET

Menurut pengalaman saya, leaflet itu mempunyai kemiripan dengan pamflet,yaitu berada pada sebuah kertas kecil. Akan tetapi yang membedakan di sini adalah leaflet sering dirancang untuk dilipat-lipat, sehingga apabila pembaca membuka lipatan-lipatan dari leaflet itu sendiri dia akan memperoleh sebiah informasi yang berurutan. Laeflet juga biasa memuat informasi pada kedua sisi kertasnya (bolak-balik). Leaflet sendiri bisa dicetak di print rumahan dan bisa di print secara digital atau di pesan di tempat-tempat percetakan khusus.




3. POSTER

Masih mirip dengan Pamflet, poster sendiri adaalah sebuah karya desain grafis yang masih memuat perpaduan gambar dan tulisan yang memuat informasi tertentu. menurut apa yang saya alami biasanya poster dicetak 2 kali atau bahkan 4 kali lebih besar dibandingkan pamflet (Dilihat dari ukuran kertas A3). Biasanya dicatak dengan print digital.









4. BANNER

Merupakan bentuk penyederhanaan dari spanduk, hanya memuat informasi atau promosi sebuah barang/jasa, komunitas dan sebagainya. Biasanya ukurannya memanjang. Dan apabila dicetak ke percetakan print digital untuk dibuat dengan tripod atau kaki tiga ukuran desain yan diminta 60cm x 160 cm, bisa dicetak dalam orientasi potrait atau landscape.



5. SPANDUK

Spanduk itu sendiri pada dasarnya adalah banner, tapi di kebanyakan percetakkan digital beranggapan bahwa produk ini dicetak ke dalam ukuran yang lebih besar. Biasanya untuk event-event seperti seminar saya buat ukuran 300cm x 50cm. Kemudian dicetak dengan print digital. Bisa sebagai media promosi, bisa sebagai pengantar sebuah event.


 



6. BALIHO

Baliho biasanya di cetak digital dengan  ukuran super besar kemudian di umumkan ke khalayak ramai melalui tempat-tempat umum. Diletakkan dengan dengan digantung atau dengan menggunakan papan reklame yang besar. Biasanya memuat informasi yang perlu diketahui oleh banyak orang, promosi barang/jasa, kampanye politik, iklan pelayanan masyarakat, dan sebagainya. 






Semua contoh di atas adalah karya saya. Ada yang diaplikasikan ke lapangan, ada pula yang hanya dijadikan ajang latihan. Lebih dan kurangya mohon dimaafkan.

THANK'S FOR VISITING


29 komentar:

  1. keren bro..
    http://groupbands.com/

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Ah biasa saja, masih setingkan medium kayaknya... Arigato. :)

      Hapus
  3. koreksi mas, spanduk itu bhsa inggrisnya banner,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh jadi spanduk sama banner itu sama aja. thx gan infonya.

      Hapus
    2. Iya terma kasih mas atas kritiknya. Sudah saya koreksi

      Hapus
  4. thx gan, nice informasi. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. brosur sama leaflet sama ga ?

    BalasHapus
  6. sori gan itu yang leaflet contohnya salah, leaflet itu beda sama Folder nah kalo yang contoh buat leaflet di atas itu contoh dari folder, bedanya kalo folder itu lipetan kaya di atas kalo leaflet itu lembaran

    BalasHapus
  7. ; Arigatou Syafrian Senpai.., ; :-)

    BalasHapus
  8. We all have to endure hundreds of life incidents, and we want someone to hear about those incidents from us. Sharing your thoughts and experiences with others increases your read more, and you start trusting each other more than before.

    BalasHapus
  9. I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand
    Click Here
    Click Here
    Click Here
    Click For More

    BalasHapus
  10. i read your article that was so amazing and you may know about electronic repair shops in dubai by Visiting our site

    BalasHapus
  11. i read your article that was so amazing and you may know about electronic repair shops in dubai by Visiting our site

    BalasHapus
  12. Thanks For sharing Awesome Post. Click here for further information.

    BalasHapus
  13. Awesome Post
    i was looking this good article its really nice. please Click Here to know about Bahria Peshwar.

    BalasHapus